Scanner Document

Anda harus memperhatikan apa yang akan Anda scan, apakah hanya dokumen biasa, foto, atau dokumen lainnya. Hal ini ada kaitannya dengan resolusi atau ketepatan gambar yang akan scan kelak. Apabila Anda hanya akan mendokumentasikan dokumen biasa, menggunakan scanner dengan resolusi kecil tentu tidak masalah, contohnya menggunakan scanner dengan resolusi sebesar 200 ppi. Tetapi jika saat ini Anda hendak mendokumentasikan foto atau dokumen lainnya yang membutuhkan resolusi yang besar, sebaiknya cari scanner yang memilik resolusi yang besar, seperti scanner yang memiliki resolusi sebesar 600 ppi.

  1. Kecepatan scan

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah seberapa cepat scanner tersebut bekerja. Setiap produk atau merk produk scanner memiliki kecepatan yang berbeda-beda, ada yang terbilang lambat ada juga yang terbilang cepat. Hanya mendokumentasikan 1 lembar, tentu waktu scan tidak akan terlalu lama. Tetapi jika Anda akan menscanning sebanyak 100 lembar, tentu waktu yang dibutunkan untuk scanning cukup lama. Disinilah Anda membutuhkan mesin scanner yang cepat.

  1. Ukuran dokumen yang akan discan

Kebanyakan alat scanner hanya mampu menscan kertas dengan ukuran A4. Tetapi ada juga beberapa alat scan yang ukurannya jauh lebih besar, sehingga mampu menscan dokumen yang ukurannya lebih besar. Jika Anda salah dalam memilih ukuran scan, tentu dokumen yang Anda butuhkan akan terpotong, tentu ini akan mengurangi hasil scan, pastinya hal ini akan merugikan Anda. Untuk itu pastikan dengan baik ukuran kertas yang akan di scan, dan pilih scanner yang tepat